Rakor KKMA di MAN 2 Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Humasman2pyk–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat hadir di MAN 2 Kota Payakumbuh, pada hari Rabu (24/01) untuk memberikan silaturrahmi, memberikan pembinaan sekaligus membuka Rakor Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (KKMA) secara resmi. Tema yang diusung adalah “Melalui Rakor KKMA Sumatera Barat Kita Tingkatkan Peran Kepala Madrasah untuk Mengimprovisasi Kurikulum Merdeka dalam Menghadapi Digitalisasi Madrasah.” Selain Kakanwil, hadir juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben, MA beserta Plt. Kasubag TU, Kasi-kasi beserta Pengawas Madrasah di lingkungan kerja Kementerian Agama Kota Payakumbuh.

Sebagai tuan rumah Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh Sahidin menyampaikan kepada seluruh peserta rakor dengan ucapan selamat datang di kampus hijau MAN 2 Kota Payakumbuh. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas penunjukan MAN 2 Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah pada rakor periode ini. Disamping itu beliau juga menyampaikan kondisi kekinian dan prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa dan siswi MAN 2 Kota Payakumbuh.

Pada sesi berikutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben menyampaikan tentang ciri-ciri madrasah yang bermutu. “Ada tiga ciri madrasah yang bermutu. Pertama adanya kepuasan primer dalam bentuk prestasi-prestasi yang diraih siswa dan kelanjutan pendidikannya di perguruan tinggi. Kedua kepuasan sekunder, yaitu adanya kepuasan dari orang tua atau wali murid terhadap hasil pendidikan anaknya. Dan ketiga kepuasan tersier, maksudnya adalah kepuasan yang dirasakan oleh pihak ketiga seperti masyarakat atau lembaga instansi pemerintahan atau swasta.” Ungkap H. Joben ketika dalam menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Kepala Kantor wilayah Kementerian provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin menyampaikan agar seluruh stakeholder Kementerian Agama dimaksimalkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Pertama, memaksimalkan moderasi beragama di tengah umat. Kedua, menggerakkan seluruh stakeholder untuk mencapai tujuan. (IF)