Upacara Peringatan Harlah Pancasila di MAN 2 Kota Payakumbuh

Upacara Peringatan Harlah Pancasila di MAN 2 Kota Payakumbuh

Payakumbuh, humasman2pyk–Dasar pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila adalah Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2024 Tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Inspektur Upacara adalah Sahidin, selaku Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh. Sebagai peserta adalah Guru dan Pegawai, OSIM, Paski, Pramuka, paduan suara dan peserta didik kelas X Fase E, yang dilaksanakan di halaman hijau madrasah, Sabtu (01/06/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila bertujuan untuk mengenang rumusan awal negara yang terdiri dari 5 sila. Adapun tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yakni “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Makna yang terkandung dari tema diatas adalah Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku , agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat, karena didalam Pancasila terkandung bilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika.”

Itulah ringkasan amanat yang disampaikan Sahidin ketika membacakan konsep amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) 1 Juni 2024. (IF)