MAN 2 Kota Payakumbuh Barolek Gadang

Penutupan P5-P2RA MAN 2 Kota Payakumbuh pada hari Sabtu (25/11) diawali dengan Bararak sekitaran madrasah, dengan rute ; MAN 2 Payakumbuh – Simpang Tugu – Jalan Utama Sukarno Hatta arah DPRD – Simpang BKKBN Tanjung Gadang – Lapangan sepak bola Tanjung Gadang – dan kembali ke MAN 2 Kota Payakumbuh. Barisan diawali oleh kelompok niniak mamak dengan barisan terdepan adalah Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh Sahidin, S.Ag., M.Pd. dan Ketua DW dengan pakaian Bundo Kanduang. Di belakang barisan ninik mamak adalah kelompok dubalang, bondo kandung dan diikuti oleh anak kamanakan dari suku masing-masing.

Tujuan dari tema kearifan lokal ini dengan memperkenalkan proses batagak penghulu, adalah untuk memberikan pembelajaran kepada siswa dan siswi tentang prosesi batagak penghulu Minangkabau. Di samping itu juga memperkenalkan beberapa masakan khas Minangkabau yang semestinya ada ketika acara-acara barolek tertentu.

Di akhir acara siswa dan siswi diperkenalkan acara sambah menyambah oleh niniak mamak Kapalo suku. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan bajamba. Acara ditutup dengan dokumentasi masing-masing suku dalam kegiatan project ini. (IF)