Rangkaian Peringatan Hari Gizi Nasional Tahun 2023 di MAN 2 Kota Payakumbuh

Payakumbuh–Hari Gizi Nasional tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 25 Januari mengangkat tema “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tema ini sebagai ajakan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan pemenuhan gizi seimbang untuk mencegah stunting pada masa pertumbuhan anak-anak. Salah bentuk kegiatan dari Puskesmas Ibuh Kota Payakumbuh dipusatkan di MAN 2 Kota Payakumbuh pada hari Kamis (27/07).

MAN 2 Kota Payakumbuh turut memperingati momen tersebut dengan mengadakan rangkaian kegiatan Hari Gizi Nasional yang dimulai pada pukul 08.00 sampai selesai. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah dengan kegiatan senam bersama, kemudian makan dengan makanan olahan sehat dan ditutup dengan penyuluhan dari Puskesmas Ibuh yang dihadiri oleh Tim Puskesman dan Majelis Guru.

Tim kesehatan Puskesmas ibuah menjelaskan bahwa Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Kemudian, pendidikan tenaga gizi ini kemudian terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan di banyak Perguruan Tinggi di Indonesia. Selanjutnya, pemerintah menetapkan tanggal 25 Januari sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia. Lalu, Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga saat ini. (IF)