SKA Asrama Darul Irsyad MAN 2 Kota Payakumbuh

SKA (Sosialisasi Kehidupan Asrama) tahun ini bertemakan “Kokohkan hati dengan Iman dan taklukkan dunia dengan Alquran”, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juli 2023 di Mushala Al Irsyad MAN 2 Payakumbuh. Dihadiri oleh Waka Kesiswaan Khairul Amri dan Waka Humas Irfandri yang mewakili Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh. Sebagai pengarah, pengurus asrama hadir lengkap dengan pembinanya yang penuh kesabaran dan semangat mendampingi sampai pembukaan selesai.

Sebagai Waka Humas Irfandri menyampaikan pesan kepada seluruh peserta SKA. Pertama, agar meningkatkan kemampuan dua bahasa dimulai dengan kegiatan sederhana di lingkungan asrama. “Kepada warga atau santri asrama agar Ananda memiliki dua kemampuan dua bahasa minimal, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Apalagi kita MAN 2 Kota Payakumbuh ditunjuk sebagai pilot project dalam mengaplikasikan Madrasah bilingual di lingkungan Kemenag Kota Payakumbuh. ” Sambutannya ketika membuka SKA berlangsung.

Lebih lanjut dia mengatakan, “Silakan santri semuanya mengamalkan nilai filosofis yang terdapat pada tema SKA tahun ini, pertama kokohkan iman artinya memiliki hati yang tulus ikhlas dan bersih, kedua kemampuan menghafal Alquran artinya mempunyai intelegensi yang bagus untuk dikembangkan, dan ketiga mengamalkan Alquran yang dihafal.” Ujarnya mengakhiri sambutan ketika pembukaan SKA.

Pada kesempatan lain Wirsoneffendi sebagai Kepala Asrama menyampaikan, “Kepada santri agar menjadikan SKA ini sebagai ajang menumbuhkan kekerabatan antara kakak dengan adik. kakak harus memberikan teladan yang baik kepada adik-adiknya, dantidak ada istilah pembullyan dalam proses SKA.” Ucap Wirson.

Insya Allah SKA ini akan dilaksanakan mulai hari ini Kamis sampai dengan hari Sabtu 13 sampai 15 Juli 2023, dengan mendatangkan narasumber yang kompeten dibidangnya dengan berbagai tema yang sudah disiapkan oleh panitia. Tentunya dengan harapan setelah masa SKA berjalan, santri akan merasakan keakraban diantara sesama mereka. Kemudian mereka merasakan berbagai pengalaman berharga yang akan memudahkan mereka ketika menjalani kehidupan sebagai santri di asrama. (IF)