Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Payakumbuh, Humas – Upacara Peringatan hari lahirnya Pancasila di MAN 2 Kota Payakumbuh yang diikuti oleh Majelis guru, karyawan/wati dan Peserta Didik MAN 2 Kota Payakumbuh di lapangan Hijau dengan penuh hikmat.

Pelaksana upacara pada hari lahirnya Pancasila ini adalah OSIM MAN 2 Kota Payakumbuh sementara yang bertindak sebagai pembina Upacara Wakil Bidang Humas MAN 2 Kota Payakumbuh Bapak Ismail, S. Pd dalam amanat yang disampaikannya adalah sebagai berikut:

Pancasila mengandung 5 (lima) nilai universal dasar, yakni :

1. Ketuhanan. Dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan, kita harus melihat dari aspek spiritualitas yang selaras dengan budaya bangsa Indonesia.
2. Kemanusiaan. Kita harus mengangkat derajat manusia dan mengutamakan harkat- martabat manusia dalam kebijakan dan pelaksanaan program-program negara
3. Kebhinekaan. Indonesia mencakup seluruh pulau dan suku bangsa, perlu melihat kemajemukan tersebut sebagai satu kesatuan.
4. Demokrasi. Indonesia perlu membekali anak-anak kita untuk mampu berinteraksi, bersuara, dan berpendapat untuk mengemukakan pemikirannya.
5. Keadilan sosial. Negara harus memperlakukan siapa pun secara setara, tanpa pandang bulu, termasuk memastikan akses pendidikan yang inklusif gender dan difabel.

Nilai – nilai Pancasila dapat kita lihat dalam Kurikulum Merdeka sehingga menjadikan “Profil Pelajar Pancasila” yang menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat. Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri utama, yakni

a. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

b. berkebhinekaan global,

c. bergotong royong,

d. mandiri,

e. bernalar kritis, dan

f. kreatif.

Marilah kita menjaga nilai-nilai Pancasila. Mari kita ber-Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.
Selamat Hari Lahir Pancasila!

(Humas/Is)