MAN 2 Kota Payakumbuh, Tilok CAT IPMB

Payakumbuh – Hari ini, Selasa 27 Desember 2022, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama RI mengikuti Computer Assisted Test Indeks Profesionalitas dan Moderasi Beragama (CAT IPMB). Di kota Payakumbuh, Titik Lokasi (Tilok) pelaksanaan CAT IPMB ini adalah di MAN 2 Kota Payakumbuh.

MAN 2 Kota Payakumbuh telah berupaya semaksimal mungkin mempersiapkan lokasi, mulai dari kesiapan tempat, komputer, penginstalan aplikasi, dan jaringan. “Kita mulai mempersiapkan untuk kegiatan ini mulai dari hari Jumat, hingga kemarin Senin saat dilaksanakan gladi bersih,” ungkap Hj. Indrawati, Kaur TU MAN 2 Kota Payakumbuh. Di samping itu, hal ini juga disampaikan oleh ketua panitia yang keseharian beliau adalah Kasubag TU Kantor Kementerian Agama kota Payakumbuh, H. Mustafa di sela pelaksanaan CAT IPMB sesi 1 di ruangan panitia. “MAN 2 Kota Payakumbuh dijadikan sebagai Tilok karena letaknya strategis, di tengah atau pusat kota, dan fasilitanya juga menunjang. Ini ditetapkan memalui rapat koordinasi dengan pihak terkait,” ungkap H. Mustafa.

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa tujuan dari CAT IPM ini adalah untuk menyusun indeks profesional moderasi beragama bagi ASN kementerian agama. Moderasi beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas kementerian agama. Sasaran kegiatan ini adalah ASN seluruh kementerian agama. ASN dibagi menjadi dua kategori pertama PNS dan P3K.

Peserta di Tilok MAN 2 Kota Payakumbuh 391 orang dengan kategori 357 orang dari ASN Kemenag kota Payakumbuh, dan 34 orang berasal dari luar kementerian agama kota Payakumbuh. Jadwal pelaksanaan CAT IPMB ini bertepatan dengan libur siswa dan banyaknya guru yang menggambil cuti tahunan. Pelaksanaan ini bisa dilaksanakan lintas daerah. Tahun 2022 dicanangkan sebagai tahun toleransi oleh Menteri Agama. Tentu akan ada tindak lanjut, dalam analisa Kasubag adalah pemetaan kompetensi moderasi beragama, ujungnya bisa jadi akan diadakan semacam diklat untuk lebih meningkatkan kompetensi profesionalitas ASN Kementerian Agama.

CAT IPBM ini dilaksanakan empat sesi yang dimulai dari pukul 08:00 s.d 16:30 WIB. Peserta difasilitasi dua labor komputer disertai jaringan internet dan satu labor cadangan. Satu sesi diikuti oleh 100 peserta yang dibagi 57 orang di labor 1 dan 43 orang di labor 2. “Mudah-mudahan sukses ujian kita hari ini” pungkas H. Mustafa. (SS)