Wirausaha Milenial di Market Day MAN 2 Kota Payakumbuh

Payakumbuh – MAN 2 Kota Payakumbuh mengadakan acara yang bertajuk Market Day dengan tema “Melalui market day kita wujudkan peserta didik yang memiliki jiwa wirausaha milenial.” Acara diadakan pada Sabtu, 26 November 2022 dan bertempat di lapangan olah raga serba guna lokasi Medinah. Acara ini mendapat apresiasi positif dari kepala madrasah, Sahidin, S.Ag. M.Pd. “Untuk langkah awal, ini sudah sukses,” tutur Sahidin pada saat pembukaan acara ini setelah pengguntingan pita.

Menurut koordinator acara, Rasna Wirda, S.Pd, acara ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka sebagai implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) bidang kewirausahaan, khususnya kelas X. “Dalam kurikulum merdeka, 5P salah satunya diimplementasikan dalam bentuk market day di MAN 2 Kota Payakumbuh. Kegiatan projek ini ada delapan kali pertemuan yang diawali dengan pembentukan tim yang terdiri dari tim pertama adalah tim guru pembimbing, yaitu guru yang kompeten membimbing di bidang masing-masing dan tim fasilitator berasal dari wali kelas kelas X,” tutur Bu Ida, sapaan guru ekonomi ini.

Siswa kelas XI, XII beserta majelis guru dan pegawai antusias menyambut kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan ramainya kunjungan ke lokasi dan umumnya mereka berbelanja jenis kuliner dan aksesoris.

Lebih lanjut, di sela-sela kesibukannya memantau kegiatan, Bu Ida menuturkan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi beberapa bidang usaha sesuai bakat dan minat peserta didik. “Peserta didik dibagi ke dalam kelompok sesuai bakat minatnya yang terakumulasi menjadi bidang kuliner, cafe, angkringan, aksesoris, kerajinan tangan, desain grafis, dan fotografer . Seterusnya, mereka mendesain produk, mempromosikan baik secara langsung maupun melalui media online, yaitu melalui instagram atau media sosial lainnya. Nah, inilah yang disebut dengan jiwa wira usaha milenial,” pungkas Bu Ida. (SS)