Lomba Memasang Mudhawarah di Forum Annisa MAN 2 Kota Payakumbuh

Payakumbuh – Forum Annisa adalah ektrakurikuler wajib bagi peserta didik annisa MAN 2 Payakumbuh terutama kelas X. Kegiatan forum ini, dilakanakan setiap Jumat. Pada Jumat, 09 September kegiatan forum ini adalah lomba memasang mudhawarah. Menurut salah seorang pembina forum ini, Fairus.S.Ag, “sebagai seorang muslimah kita harus berhijab syar’i (menutup aurat ). Hal ini harus kita biasakan mulai dari kecil untuk belajar berpakaian sesuai syariat Islam. Salah satu bentuk hijab adalah Mudhawarah. Nah di forum Annisa kali ini kami mengurai tentang bagaimana cara membuat Mudhawarah yang rapi dan indah dengan mudah dan cepat tanpa kaca yang dikemas dalam lomba pembuatan mudawarah bagi peserta didik kelas X.E.6 sampai dengan X E 12.”

Selanjutnya, Dra. Hj. Yuswariani yang juga salah seorang pembina forum ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar siswi MAN 2 Kota Payakumbuh tampil dengan hijab yang syar’i, rapi  dan indah dilihat. Lomba yang diadakan di Mushala Al-Irsyad ini diadakan setelah jam pembelajaran di kelas selesai. 

Kriteria lomba diuraikan oleh Fairus dengan gamblang sebagai berikut :

1. Indah dan Rapi

Rasulullah SAW berssabda : “ Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.

2. Sesuai syar’i

Dalam pembuatan mudawarah ini peserta lomba setiap kali tampil langsung tiga group. Salah satu penilaian nya adalah Mudhawarah yang dibuat memenuhi standar syar’i, yaitu menutup aurat, tidak mencolok dan tidak transparan.

Hal ini sesuai dengan firman Allah ldalam QS Al-Ahzab : 59

يٰۤـاَيُّهَا النَّبِىُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗذٰلِكَ اَدْنٰۤى اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗوَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

3. Tepat waktu

Durasi waktu yang digunakan termasuk ke dalam salah satu penilaian lomba membuat mudawarah kali ini.

Waktu termasuk salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Bahkan, Allah SWT pernah bersumpah dengan menggunakan waktu di dalam

Qs. Al-Asr: 1-2


وَالْعَصْرِۙ
اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ

Artinya: “Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian.” (QS Al-Asr: 1-2)
Pada hakikatnya, waktu bagi manusia adalah umurnya sendiri. Saat waktu berlalu, maka usianya pun semakin berkurang.

Rasulullah SAW sering memperingatkan umatnya tentang waktu. Salah satuya dengan beberapa hadis tentang menghargai waktu, di antaranya:

1. Jangan Tertipu dengan Waktu Luang

Rasulullah SAW bersabda:

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

Artinya: “Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Abdul Fattah bin Muhammad dalam Qimatuz Zaman ‘Indal ‘Ulama menjelaskan, kata ‘tertipu’ dalam hadis ini artinya merugi.

Banyak manusia yang merugi karena nikmat sehat dan waktu luang. Ada orang yang sehat, namun seperti tidak punya waktu untuk persiapan akhirat karena terlalu sibuk dengan kehidupan dunia.

Oleh karena itu, apabila diberikan nikmat sehat dan waktu luang, perbanyaklah ketaatan kepada Allah SWT. Sebab, masa sehat akan disusul sakit, dan waktu luang akan disusul kesibukan.

2. Jaga 5 Perkara sebelum 5 Perkara

Hadis tentang menghargai waktu selanjutnya adalah saat Rasulullah SAW pernah bersabda kepada seorang laki-laki, dan menasihatinya:

اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ، وَحَيَاتِكَ قَبْلَ مَوْتِك

Artinya: “Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu luangmu sebnjang memiliki kelebihan khusus.

“Semoga dengan adanya lomba ini dapat memotivasi peserta didik MAN 2 Kota Payakumbuh untuk memakai mudhawarah dan berpakaian secara umumnya sesuai ketentuan agama”, harapan ini disampaikan Hj. Yuswariani  dengan antusias. Selain sebagai guru matematika, beliau juga aktif menulis dan telah melahirkan tulisan dalam beberapa buku. Di akhir perbincangan, beliau berpantun

“Sungguh menarik Pulau Nusadua
Berhiaskan bunga tertata rapi
Sungguh cantik siswi MAN Dua
Pakaian syar’i mudawarah rapi”

 
HumasMAN2Pyk/ss