RUNNER UP (JUARA 2),   MARCHING BAND MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH TOTALITAS DAN MEMUKAU DI PAWAI ALEGORIS DAN KARNAVAL KOTA PAYAKUMBUH 2022

*MAN2PykNews*. Perdana setelah wabah covid 19 melanda negeri ini, Kota Payakumbuh kembali menggelar pawai 17-an sebagai bentuk kegembiraan dalam memperingari HUT ke-77 RI. Pawai dimeriahkan dengan iring-iringan drum band hingga marching band. Selain itu, juga ada iring-iringan pawai alegoris. Namun, masyarakat lebih antusias menyaksikan atraksi dari penampilan drum band dan marching band.

MAN 2 Kota Payakumbuh turut ambil bagian di event akbar tahunan yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat ini. Marching band MAN 2 Kota Payakumbuh berhasil memukau masyarakat dengan tampilannya yang totalitas. “Usaha tak mengingkari hasil”, tutur koordinator pembina marching band, yang sekaligus guru kesenian di MAN 2 Kota Payakumbuh.

Usaha dan tampilan yang totalitas ini membawa Marching Band MAN 2 Kota Payakumbuh meraih posisi runner up atau  peringkat 2 dari hasil penilaian pawai HUT ke-77 RI, dengan semboyan “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

Adapun para pemenang Pawai Marching Band sebagai berikut di bawah ini :

Tingkat SLTA / Sederajat

1. SMAn 2 Kota Payakumbuh

2. MAN 2 Kota Payakumbuh

3. SMAN 3 Kota Payakumbuh

Tingkat SLTP / Sederajat

1. MTsN 1 Kota Payakumbuh

2. SMPN 2 Kota Payakumbuh

3. SMPN 1 Kota Payakumbuh

Tingkat SD/ Sederajat.

1. SDN 2 Kota Payakumbuh

2. SDIT IPHI Kota Payakumbuh

3. SDN 51 Kota Payakumbuh

“Alhamdulillah, hasil penilaian ini benar-benar mengobati lelah dalam majalani latihan yang tak kenal hari libur,” ucap koordinator pembina marching band MAN 2 Kota Payakumbuh. 

“Kami mempersiapkan penampilan ini dengan totalitas dan didukung penuh oleh kepala MAN 2 Kota Payakumbuh, Bapak Sahidin, S.Ag., M.Pd, Ucapan terima kasih kepada beliau yang tak terhingga”, lanjut ibu 3 anak ini yang kesehariannya dipanggil Bunda oleh peserta didiknya. Selain itu, Rusda Yeni, S.Pd. yang dipanggil Bunda ini, juga mengatakan bahwa partisipasi alumni tak jauh kalah totalnya dalam membimbing adik-adik mereka untuk tampil totalitas di event akbar ini. Alumni ini memang benar-benar berbakat dibuktikan dengan prestasi mereka di tingkat provinsi hingga ASEAN. Gema Suara Iscamdoepa ini meraih juara 3  MUSIK KONSER, MMC ( MINANG MARCHING COMPETITION) tingkat   ASEAN pada tahun 2018. Harapan 2 CG (colour guard) tahun 2017 tingkat ASEAN yang diadakan di Hall UNAND Padang.

Bunda Rusda Yeni didampingi oleh Raufatul Munawarah sebagai pembina marching. Aufa, panggilan pembina ini yang juga merupakan alumus MAN 2 Kota Payakumbuh yang dulunya aktif di ekstrakurikuler marching ini. Dikemas dalam label Gema Swara Iscamdoepa, marching band yang terdiri dari  personil:

Stick master Utama   : M. Yusuf  Kelas E.2

Field Commander : Liyana Mahfuzah  Kelas XII IPS 1

Mayoret pendamping :

1. Nayla Intan Nafisah Kelas XI MIA 3

2. Kamelia Eka Putri Kelas XII IPS 1

Ketua marching band : Rifky Amiyatno Kelas XII IS 1

Creative diretor : Alumni GSM DC

Costum Designer : Faiz Alghifary Zuhdi yang juga merupakan  alumnus MAN  2 Kota Payakumbuh.

Marching Band MAN 2 Payakumbuh dibina oleh empat pembina yang kompeten di bidangnya. Bunda dan Aufa diperkuat dengan dua orang pembina lagi yaitu Fadhillahtirramah, S.Pd. yang kesehariannya dipanggil Bu Cila. Beliau memiliki vokal yang luar biasa, terbukti dengan manjuarai lomba lagu nostalgia yang diadakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun kota Payakumbuh dua kali berturut-turut. Satu lagi pembina marching MAN 2 Kota Payakumbuh, ibu Indah Purnama Tarigan Silangit, S.Pd, yang dipanggil Bu Indah. Kedua pembina ini juga mahir memainkan organ. Di bawah binaan dan kolaborasi  empat orang yang bertangan dingin ini jadilah marching band MAN 2 Payakumbuh tampil totalitas dan memukau di hadapan ribuan masyarakat kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima puluh kota pada pawai 17-an, tanggal 18 Agustus 2022.

Kepiawaian personil marching band MAN 2 Kota Payakumbuh membuat mereka sering diundang untuk pawai khatam Quran di Kota Payakumbuh hingga ke daerah-daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.“

Kami siap diundang untuk mengiringi pawai khatam Quran dengan tidak mangesampingkan proses belajar mengajar dan kamipun insyaallah bisa membawakan lagu-lagu islami, perjuangan, serta sesuai permintaan”, ujar Bunda yang dikonfirmasi melalu telepon karena sibuknya dalam mempersiapkan tampilan yang memukau ini hingga agak sulit ditemui. Di akhir telepon beliau kembali mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kapada kepala, unsur pimpinan beserta seluruh pihak terutama keluarga besar MAN 2 Kota Payakumbuh yang telah ikut mendukung kesuksesan tampilan peserta didik binaannya.

“Terima kasih yang tak terhingga kapada kepala, unsur pimpinan beserta seluruh pihak terutama keluarga besar MAN 2 Kota Payakumbuh yang telah ikut mendukung kesuksesan tampilan peserta didik binaannya secara totalitas dan memukau hari ini. Bersama kita bisa”, pungkas Bunda Rusda Yeni.

HumasMAN2Pyk/SS