Pembinaan Guru Dan Pegawai Man 2 Kota Payakumbuh Oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat

Penulis : Ismail, S.Pd | Editor : Muhammad Mardianto, S.P

Payakumbuh (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Bapak Dr. H. Helmi, M.Ag  berkunjung ke MAN 2 Kota Payakumbuh yang didamping oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Bapak Drs.H.Ramza Husmen, M.Pd, Kasubag TU, Kasi Penmad, Kepala KUA se Kota Payakumbuh, Pengawas Madrasah serta Kepala-Kepala Madrasah lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh. Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh seluruh Guru dan Pegawai MAN 2 Kota Payakumbuh.

Pembinaan oleh Kepala Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat
Pembinaan oleh Kepala Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Sumatera Barat yang  dilantik oleh Menteri Agama R.I pada tanggal 13 Oktober 2021. Beliau memberikan pengarahan kepada hadiran yang ada di Aula MAN 2 Kota Payakumbuh

       “ASN harus menjaga diri, menjaga iman, pasti aman. Kita sekarang seperti dalam aquarium besar harus bisa menjaga diri sebagai contoh bagi orang lain. Mampu mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Beliau mencontohkan dengan membandingkan dengan negara lain seperti di California Amerika Serikat, profesi yang banyak diinginkan oleh generasi muda disana hampir 80% adalah ingin sebagai profesi guru.  Guru akan melahirkan generasi emas dan tidak ada lagi sehari lebih tua dari murid pada zaman sekarang ini. Guru harus bisa mengupgrade diri, sehingga  guru tidak ketinggalan, apalagi saat ini  sudah zaman digitalisasi.

Meningkatkan kualitas guru sangat penting karena anak didik harus menjadi cerdas, terampil dan berakhlak mulia. Jika kita berbuat baik, perbuatan tersebut sesaat  bisa tersebar kemana-mana dan sebaliknya. Khusus untuk meningkatkan kemampuan guru, Kementerian agama mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit khususnya untuk kegiatan KKG atau MGMP.

       Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Bapak Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd juga memberikan sambutan antara lain menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Payakumbuh sudah melaksanakan proses belajar mengajar TP. 2021/ 2022 sudah sesuai dengan aturan protokol kesehatan dan harapan ke depannya agar MAN 2 Kota Payakumbuh bisa menyiapkan para siswa/siswinya untuk siap terjun ke masyarakat untuk bisa jadi Imam dan Khatib dalam rangka Revitalisasi Khazanah Kembali ke Surau.

       Disamping itu beliau juga sudah mensosialisasikan Tentang modernisasi beragama dengan mendatangkan nara sumber nasional yang juga ketua FKUB Sumatera Barat Bapak Prof. Dr. H.Duski Samad, M.Ag diacara Resepsi HAB Kemenag ke-76 di Kantor Kemeterian Agama Kota Payakumbuh.

       Pada kesempatan ini, bapak Kemenag Kota Payakumbuh juga menyerahkan buku karangan beliau kepada bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang berjudul “Kerukunan Zaman Now” tentang modernisasi beragama.

       Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh Bapak SAHIDIN, S.Ag, M.Pd yang sudah berada di MAN 2 Kota Payakumbuh lebih kurang 1,5 tahun menyampaikan keadaan Guru dan Pegawai MAN 2 Kota Payakumbuh yang berjumlah 112 orang yang membimbing siswa siswi sebanyak 1.046 orang. Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang telah menyempat diri untuk hadir dalam Pembinaan Guru dan Pegawai.

PERESMIAN WASERDA DAN UNIT USAHA FOTO COPY MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH

Kepala Madrasah dituntut untuk mampu mengembangkan potensi diri dalam mengelola lembaga khusus dalam pengembangan kegiatan Kewirausahaan. Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh Bapak Sahidin, S.Ag, M.Pd telah banyak mengembangkan kreativitasnya baik sarana prasarana maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kemajuan madrasah agar menjadi madrsah yang mandiri. Diantaranya pengadaan gedung waserda, usaha foto copy, kantor koperasi, serta kantor komite. Impian yang sudah lama sekali diinginkan oleh keluarga besar MAN 2 Kota Payakumbuh. Pembangunannya alhamdulillah sudah selesai.  Penggunaan gedung secara resmi diminta kesediaan Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat. Pada hari Selasa 8 Pebruari 2022  tertunda 10 bulan, usaha waserda dan Photo copy MAN 2 Kota Payakumbuh diresmikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Bapak Dr. H. Helmi, M.Ag. Ditengah kesibukan, beliau menyempatkan diri untuk datang ke MAN 2 Kota Payakumbuh.

Peresmian Gedung Waserda dan Photo Copy MAN 2 Kota Payakumbuh

PENINJAUAN LOKASI PEMBANGUNAN LOKAL BARU BANTUAN SBSN TAHUN 2022

Lokasi Pembangunan Lokal Baru MAN 2 Kota Payakumbuh Bantuan SBSN Tahun 2022

       Bapak Kepala Kantor Wilayah Kemterian Agama Provinsi Sumatera Barat juga meninjau lokasi rencana pembangunan Ruang Belajar Baru sebanyak 6 (enam) ruangan, dananya bersumber dari SBSN. Pembangunan Insya Allah akan dilaksanakan April 2022.