MATSAMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MAN 2 Kota Payakumbuh melaksanakan MATSAMA ( Masa Ta’aruh Siswa Madrasah ) selama 3 hari, tanggal 12-14 Juli 2021. Hari minggu sebelumnya, 11 Juli 2021  juga telah dilakukan uji coba zoom meeting agar pelaksanaan matsama esok harinya bisa berjalan dengan lancar dan sekaligus akan Live Streaming di Youtube Channel ISCAMDOEPA OFFICIAL. Acara matsama ini dimulai dari jam 07.00 dan memasuki materi di jam 08.00 lalu diakhiri jam 10.10 wib. Acara ini memang dilaksanakan secara daring mengingat kondisi khususnya Payakumbuh yang wabah covid -19 masih menyebar.

Pelaksanaan Matsama menghadirkan pemateri dari madrasah. Setelah penyampaian materi terdapat sesi Ice Breaking, disana peserta dapat bertanya bebas untuk mengetahui madrasah lebih dekat tak hanya itu peserta juga dapat menampilkan bakat sesuai minat yang diinginkan.

        Pemateri pertama ialah ibuk HJ. Indrawati, S.H. Beliau merupakan kepala urusan tata usaha di MAN 2 Payakumbuh . Dalam awal materinya beliau memperkenalkan guru tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Payakumbuh. Setelah itu beliau memperkenalkan struktur bagian tata usaha, pegawai petugas lapangan, struktur organisasi MAN 2 Payakumbuh dan diakhiri dengan persyaratan administrasi surat suratan untuk urusan kesiswaan. Setelah itu materi dilanjutkan oleh ibu Erni Anita,Spd yang merupakan waka akademik di MAN 2 Payakumbuh ini. Beliau menjelaskan kurikulum dan PBM madrasah mulai dari memaparkan jurusan yang ada, struktur kurikulum, KKM, waktu belajar, tata penilaian dan metode belajar di  madrasah ini. Untuk pemateri terakhir di hari pertama ialah ibu  Meirihana, S,Pd yang merupakan waka bidang kesiswaan di MAN 2 Payakumbuh. Beliau menjelaskan tentang ketentuan umum, peraturan serta poin pelanggaran dan dilengkapi sanksi dari skor yang didapatkan para siswa yang melanggar. Kemudian diakhiri dengan kewajiban hak peserta didik.

Di hari kedua MATSAMA, materi pertama disampaikan oleh bapak Khairul Amril, S.Pd yang merupakan waka sarana prasarana. Beliau menjelaskan sarana prasarana yang ada di madrasah hebat ini. Materi selanjutnya diisi oleh bapak Ismail, S.Pd. selaku waka humas MAN 2 Payakumbuh. Beliau menjelaskan tentang pengenalan alumni agar peserta didik termotivasi dengan melihat keberhasilan alumni yang sudah tamat. Pemateri terakhir adalah Ibu Gusti Kasumawardani,S.Ag yang menjelaskan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), ekstrakulikuler dan prestasi-prestasi yang ada di madrasah ini.

Di hari terakhir matsama, diadakan sesi tanya jawab, bakat, dan memperkenalkan seluruh panitia matsama dalam mengsukseskan acara matsama ini. Setelah itu terdapat penyampaian materi dari bapak kepala madrasah yakni bapak Sahidin, S.Ag, M.Pd sekaligus penutupan dari matsama 2021/2022 ini.

” Semoga dengan diadakannya matsama ini dapat menjadikan penentu langkah awal dalam keberhasilan bagi peserta didik baru MAN 2 Kota Payakumbuh. Sehingga Visi, Misi dan Tujuan MAN 2 Kota Payakumbuh dapat terwujud ” ujar Kepala Madrasah MAN 2 Kota Payakumbuh.  (Loves)