Pelatihan Penelitian Dari FUSA UIN Imam Bonjol Padang

Madrasah Research adalah salah satu program unggulan Dirjen Pendis Kementerian Agama RI. Untuk kelancaran program ini, disebarkan ke berbagai lembaga Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Agama. Salah satunya adalah yang dirancang dan dilaksanakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Islam (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang. Acara dilaksanakan pada Hari Kamis (18/02/2021) dipusatkan di Aula MAN 2 Kota Payakumbuh. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa dari Madrasah Aliyah se-Kota Payakumbuh.  Acara dibuka langsung oleh Wirsoneffendi, M.Pd mewakili Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh. Beliau berharap, agar pelatihan penelitian ini nanti bisa ditindaklanjuti dengan MoU.

Tujuan pendampingan ini adalah untuk melihat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam penelitian. Dan memang terlihat bahwa ada diantara siswa yang sudah memiliki kemampuan dalam masalah penelitian secara ilmiah. Beberapa proposal penelitian siswa mendapatkan apresiasi dari Tim FUSA UIN Imam Bonjol Padang. Kemudian tim berharap bisa dikembangkan, jika kemudian memang sebuah penemuan baru, maka ini bisa dipatenkan sebagai temuan dari siswa madrasah.

Pada sesi penutupan, pihak kampus membuka diri untuk berkonsultasi oleh siswa yang butuh bimbingan dalam masalah penelitian. Hal itu disampaian oleh DR. Taufiqurrahman, MA selaku ketua Tim FUSA. Beliau menyampaikan bahwa FUSA siap membantu siswa yang butuh bimbingan penelitian dan tempat berkonsultasi. (Irf-Humas MAN 2 Pyk)