WORKSHOP E-LEARNING

E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.

E-learning Madrasah memiliki 6 role akses diantaranya :

  1. Operator Madrasah (Administrator)
  2. Guru Mata Pelajaran
  3. Guru Bimbingan Konseling
  4. Wali Kelas
  5. Siswa
  6. Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)

Pelatihan E-learning berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Selasa (09/02) sampai dengan hari Kamis (11/02) di ruang labor komputer MAN 2 Payakumbuh. Instruktur pelatihan ini adalah Tim IT/CBT MAN 2 Payakumbuh dibawah koordinator wakil bidang kurikulum Wirsoneffendi, M.Pd. Pelatihan ini diikuti oleh 84 guru mata pelajaran dan guru BK di lingkungan MAN 2 Kota Payakumbuh.

Pelatihan ini sangat membantu terhadap proses belajar mengajar, terutama untuk guru. Terhadap guru akan bermanfaat ketika PBM secara daring atau online. Kemudian siswa pun bisa dengan mudah dari rumah masing-masing membaca materi dan mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru. Keunggulan lainnya adalah PBM dengan administrasi di suatu madrasah bisa diketahui dan dianalisis oleh Kementerian Agama pusat dikarenakan masing-masing guru telah mengupload administrasi PBM ke E-learning.

Sesuai arahan Kepala MAN 2 Payakumbuh, Sahidin, M.Pd mengatakan bahwa Portal E-Learning diharapkan terintegrasi dengan website MAN 2 Payakumbuh. Tujuannya adalah disamping PBM bisa berjalan dengan E-learning sesuai dengan arahan dari Dirjen Kemenag RI, siswa dan guru juga bisa mengunjungi website MAN 2 Payakumbuh. (Irf-Humas)