SUPERVISI PENDIDIKAN DI MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH

Supervisi merupakan salah satu alat untuk mengukur  dan menilai kemajuan suatu program. Begitupun dalam dunia pendidikan, supervisi sangat membantu suatu lembaga pendidikan dalam menilai program yang sedang berjalan. Pada hari Selasa (19/01/2021) Pengawas MA Kementerian Agama Kota Payakumbuh Dra. Hj. Yursilis, M.Pd saling bertukar pikiran dan mengarahkan majelis guru  di MAN 2 Kota Payakumbuh dalam melaksanakan tugasnya, yang dikemas dalam bentuk supervisi pendidikan.

Yursilis meminta agar majelis guru tetap semangat dalam melaksanakan tugas masing-masing walaupun masih dalam masa pandemic covid 19. Dia mengatakan, “Semua guru agar tetap melaksanakan tugas sesuai dengan SKB 4 Menteri dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Disamping itu guru agar menyampaikan materi sesuai dengan hasil analisa secara bersama di forum MGMP terhadap materi essensial masing-masing bidang studi”, ungkapnya.

Lebih lanjut pengawas MA yang merupakan lulusan S.2 Pendidikan Agama Islam UIN Imam Bonjol ini meminta agar guru tetap melaksanakan evaluasi pendidikan sesuai dengan arahan Kabid Penmad Kanwil Propinsi Sumatera Barat Samsul Arifin. Evaluasi yang diberikan itu adalah yang sesuai dengan materi essensial yang diberikan kepada siswa. Kemudian khusus materi PAI dan Bahasa Arab mengacu kepada PMA nomor 183 tahun 2019 untuk semua jenjang dan program studi di tingkat MA khususnya.

Suasana supervisi berjalan dengan lancar dan terlaksana sesuai dengan harapan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari keikhlasan beliau dalam menjalankan tugas sebagai salah seorang Pengawas dalam dunia pendidikan dan para guru yang kooperatif dalam melengkapi administrasi pendidikan. (irf)

Payakumbuh, 19 Januari 2021

Humas MAN 2 Kota Payakumbuh