Sekilas Tentang MAN 2 Kota Payakumbuh

MAN 2 Kota Payakumbuh terletak di Kelurahan Tanjung Gadang Sei Pinago. Ada yang mengatakan di Kelurahan Balai Nan Duo.  Tentunya ini punya alasan. Lokasi madrasah ini sebelum dilebur kelurahan berada pada tiga titik kelurahan, yaitu Kelurahan Tanjung Gadang, Kelurahan Balai Nan Duo dan Kelurahan Sei Pinago.

Kenapa MAN 2 Kota Payakumbuh banyak peminatnya? Jawabannya tentu ada pada peminat itu sendiri. Tapi kita coba untuk menganalisis berdasarkan kepada beberapa jawaban yang disampaikan oleh siswa.

  1. Karena letaknya cukup mudah dijangkau. Letaknya berada sekitar 2 KM dari jantung Kota Payakumbuh, yang orang sebut dengan kota gelamai, atau kota rending dan dahulunya kota idaman.
  2. Kebanyakan dari siswa yang masuk ke madrasah ini ada erat kaitannya dengan nasab. Artinya orang tua mereka merupakan jebolan dari PGAN atau MAKN atau MAN 2 Payakumbuh sekitar belasan tahun yang lalu.
  3. Banyaknya minat dari siswa itu sendiri yang ingin memperdalam ilmu-ilmu keagamaan. Diantaranya adalah Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, Fiqih dan Ushul Fiqih, Al Qur’an Hadis, SKI, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab dan Ilmu Keagamaan lainnya.
  4. Pengaruh dari faktor alumni yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan bahkan ditingkat internasional. Tidak sedikit alumni yang menyambung pendidikannya ke luar negeri, terutama timur tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, Yaman dan sekitarnya. Ada lagi ke Amerika Serikat, Eropa, Malaysia dan lain-lain sebagainya.
  5. Madrasah ini mengintegrasikan antara ilmu-ilmu keagamaan dengan ilmu-ilmu alam dan social. Sehingga diharapkan lulusannya betul-betul mampu berdaya saing tinggi dengan sekolah-sekolah umum di bawah jajaran Diknas Pendidikan. Disamping ia menguasai IPTEK dibarengi dengan IMTAQ, artinya lulusannya kelak diharapkan menjadi cendikiawan Muslim yang akan menjadi pemimpin di masa depan.
  6. Memiliki sarana dan fasilitas yang cukup sempurna, mulai dari sarana ibadah sampai sarana pendukung pembelajaran.
  7. Didukung oleh SDM guru yang professional di bidangnya masing-masing. Baik lulusan S.1 maupun S.2 pada beberapa bidang studi keilmuan. Ditambah lagi beberapa orang gurunya mendapatkan penghargaan, baik di tingkat propinsi maupun tingkat nasional.
  8. Telah banyak prestasi yang diraih oleh madrasah di tingkat propinsi maupun nasional. Yang terakhir adalah sekolah ramah anak tahun 2017 dan sekolah terfavorit yang banyak diminati siswa tingkat nasional.
  9. Siswanya mampu bersaing dengan SMA atau MAN lain di tingkat regional maupun nasional. Baik itu dibidang Olympiade maupun Ekstra Kurikuler.
  10. Sudah dua kali berturut-turut mendapatkan predikat Akreditasi “A”.
  11. Mempunyai belasan kegiatan ekstra yang aktif, seperti OSIM, olah raga, silat, pelatihan Imam dan Khatib, paskibra, pramuka, drumband, dan lain-lain.
  12. Dan banyak lagi factor-faktor lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Adapun sarana dan prasarana pendukung di madrasah ini adalah ;

  1. Perpustakaan yang memiliki koleksi buku sekitar 33.813 eksemplar dengan ribuan judul. Terdiri dari buku-buku pendukung mapel-mapel yang wajib dipelajari berdasarkan kurikulum. Ditambah lagi buku-buku keagamaan dari berbagai lintas keilmuan, baik di bidang tafsir, hadis, fiqih, sirah nabawiyah dan lain-lain.
  2. Musholla tempak sholat berjamaah dan pusat kegiatan keagamaan lainnya yang mampu memuat sekitar 800 siswa.
  3. Labor PAI, fisika, biologi, kimia dan keterampilan yang sudah terakreditasi fasilitas di dalamnya.
  4. Memiliki tiga ruang labor computer dengan kapasitas masing-masingnya adalah 50 siswa. Jadi ada sekitar 150 unit komputer yang siap digunakan.
  5. Mempunyai dua asrama. Satu untuk putra dan satu lagi untuk putri. Untuk putra berdaya tampung sekitar 24 siswa dan yang putri berdaya tampung sekitar 80 siswi.
  6. Sarana olah raga, diantaranya; bulu tangkis, volley ball, basket ball, atletik, takraw, bola tennis, tenis meja, pencak silat dan beberapa cabang olah raga lainnya.
  7. Memiliki lokal belajar dengan daya tamping 35 rombel, dan punya satu aula yang berkapasitas sekitar 350 orang yang bisa dipergunakan untuk berbagai jenis kegiatan, baik seminar, olah raga, pertemuan, wisuda, dan resepsi pernikahan.
  8. Madrasah ini mampu manampung puluhan untuk mobil dan ratusan untuk kendaraan roda dua.
  9. Di dukung oleh suasana yang sejuk, karena di sekitar lokal belajar dipenuhi dengan tumbuhan hijau dan rerumputan yang sejuk dipandang oleh mata. Hal ini menyebabkan siswanya betah untuk belajar baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Untuk lebih mengenal MAN 2 Kota Payakumbuh, pembaca bisa mengakses ke :