SEKILAS INFO
: - Minggu, 21-07-2024
  • 4 tahun yang lalu / Selamat Datang di Kampus Hijau MAN 2 Kota Payakumbuh   —   Motto : “UTAMA ; Unggul dalam Prestasi, Ta’at dalam Beribadah, Mulia dalam Akhlak”
Peraih prestasi : MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH
MAN 2 KOTA PAYAKUMBUH MENJADI MADRASAH DENGAN REGISTER TERTINGGI SPAN PTKIN UIN IMAM BONJOL PADANG

UIN Imam Bonjol adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam di Sumatera Barat yang menjadi tujuan oleh lulusan SLTA yang tidak hanya di Sumbar, akan tetapi diminati terutama di wilayah Pulau Sumatera. Hal ini disebabkan oleh karena UIN berada di pusat ibu kota propinsi Sumatera Barat, kemudian statusnya yang sudah menjadi universitas, dan daya dukung yang sudah mengikuti perkembangan dan kebutuhan dunia industri 4.0.

Berdasarkan hasil rekapitulasi siswa yang registrasi pada jalur SPAN PTKIN pada tahun 2020, pihak UIN Imam Bonjol Padang manobatkan MAN 2 Kota Payakumbuh sebagai siswa yang registrasi terbanyak untuk pada jalur SPAN. Rekapitulasi ini merupakan seleksi dari ratusan sekolah pada tingkat SMA/MA dan SMK baik yang berstatus negeri maupun swasta.
Penghargaan ini langsung diberikan oleh Prof. DR. Eka Putra Wirman, MA., selaku Rektor UIN di hadapan Kakankemenag 50 Kota dan Payakumbuh, kepala-kepala Madrasah dan guru BK se-Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh pada hari Selasa, 02 Maret 2021 di Aula Kemenag Tanjung Pati. Rektor berpesan agar MAN 2 Payakumbuh bisa mempertahankan dan meningkatkan penghargaan ini untuk masa yang akan datang. “Kami bangga kepada madrasah-madrasah di Luhak nan Bungsu ini, terhadap animo mereka untuk menjadikan UIN Imam Bonjol Padang sebagai pilihan utama, dan kami berjanji akan mengakomodir keinginan itu semua.” Eka Putra menyampaikan kesannya.
Jufrimal yang mewakili Kakankemenag Kota Payakumbuh ikut bahagia terhadap toresan prestasi yang diterima oleh MAN 2 Payakumbuh. “Mudah-mudahan kedepan MAN 2 Payakumbuh bisa meningkatkan kerjasamanya dengan UIN, IAIN serta Perguruan Tinggi lain yang ada di Sumatera Barat seperti UNAND dan UNP.” Ungkap Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Payakumbuh.
Secara terpisah, Sahidin sebagai nahkoda MAN 2 Kota Payakumbuh sejak Juli 2020 ini menyambut positif penghargaan ini. Beliau mengatakan bahwa sewajarnya madrasah kita dinobatkan sebagai peminat SPAN terbanyak dengan salah satu penyebabnya adalah jumlah siswa yang cukup banyak. “Secara kalkulasi kita MAN 2 Payakumbuh adalah Madrasah Aliyah Negeri terbanyak kedua siswanya setelah MAN 2 Batusangkar dengan jumlah siswa 1.044 siswa, yang datang dari daerah-daerah tingkat II dalam Sumbar dan luar Sumbar.”
Prestasi ini tidak lepas dari animo yang tinggi dari siswa, didukung oleh orang tua dan informasi yang jelas dari pihak UIN dan mengerti dengan kebutuhan masyarakat untuk masa yang akan datang. (Deri-Humas MAN 2 Payakumbuh)